Sejarah Notepad


SEJARAH NOTEPAD
Sebenarnya bahasa pemrograman berkembang sejak tahun 1940an, sejenak kita menengok ke belakang sekitar tahun 1822. Hidup seseorang bernama Charles Babbage. Ketika ia belajar di Universitas Cambridge, ia melihat berbagai jenis perhitungan mulai dari astronomi, kelautan hingga navigasi. Hal inilah yang memicu dirinya untuk mengelola data-data dalam tabel perhitungan supaya mudah digunakan, yaitu dengan membuat sebuah mesin bernama ‘Difference Engine’
Setelah bekerja 10 tahun pada mesinnya, Charles Babbage sadar betul mesin yang dibuatnya hanya memiliki satu jenis keluaran (output). Selanjutnya ia ingin mengembangkan mesin lain menjadi multifungsi yang diberi nama ‘Analytical Engine’, pengembangan ini ia lakukan hingga tahun 1842. Pada tahun 1847 Charles Babbage kembali menyempurnakan Difference Engine, dan pada tahun 1949 ia berhasil membuat versi keduanya. Pada tahun 1871, Charles Babbage pun menghembuskan nafas terakhir. Untuk melindungi karya-karya milik Ayahnya, Henry Prevost membuat beberapa copyan unit perhitungan aritmatika sederhana dari mesin yang dihasilkan Ayahnya.
Perkembangan dunia komputasi berlanjut pada tahun 1880. Pada tahun 1854, seseorang bernama Charles Boole mampu menciptakan sebuah sistem logika simbolik yang diberi nama Logika Boole. Sistem ini mencakup pula logika untuk menyatakan hubungan lebih besar, lebih kecil, sama dengan, tidak sama dengan. Sistem logika ini masih digunakan hingga saat ini.
Pada tahun 1890, Herman Holleinth mendirikan sebuah perusahaan Holleinth Tabulating, Co. Yang akhirnya berubah nama menjadi CTR (Calculating Tabulating Recording Company) setelah 3 perusahaan ikut bergabung. Sepuluh tahun berikutnya perusahaan ini berganti nama menjadi IBM (International Business Machine) hingga saat ini.
Perkembangan komputasi digital selanjutnya mulai berjalan pelan dan jarang digunakan hingga pertengahan tahun 1920an. Pada tahun 1925, MIT 9Massachusette Institue of Technology) mengembangkan sebuah mesin yang mampu menganalisis perhitungan differensiasi dan integrasi. Mesin ini didanai oleh Yayasan Rockfeller dan dikatakan sebuah komputer terbesar di dunia tahun 1930.
Pada tahun 1935 seorang ilmuwan Jerman bernama KonradZuse mengembangkan komputer Z-1 yang mampu menciptakan bahasa pemrograman komputer bernama ‘Plankalkul’.
Pada tahun 1945, IBM mulai mengembangkan bahasa pemrograman bernama FORTRAN (FORmula TRANslator). Pada tahun 1959 dipublikasikan pada publik bahwa FORTRAN merupakan bahasa pemrograman dengan level tinggi.
Pada tahun 1958 FORTRAN II dan ALGOL dipublikasikan secara bersamaan dengan diluncurkannya LISP. Sedangkan tahun 1959 bahasa pemrograman COBOL juga diluncurkan.
Pada tahun 1970 bahasa PASCAL mulai dipublikasikan dan saat ini masih banyak digunakan untuk keperluan pendidikan. Ditahun itu pula juga dipublikasikan SMALLTALK yaitu bahasa pemrograman berbasis obyek dan B-Languange yaitu bahasa pemrograman yang menjadi cikal bakal bahasa C yang lebih mudah, efisien dan fleksibel.
Pada tahun 1975, Dr. Wong merilis TinyBASIC sebuah bahasa pemrograman pertama yang bersifat free alias tidak membayar. Pada tahun yang bersamaan Bill Gates dan Paul Allen membuat bahasa pemrograman yang bernama BASIC.
Perkembangan bahasa pemrograman ini berkembang begitu pesat, hal ini ditandai dengan bahasa pemrograman yang bermunculan. Semua bahasa pemrograman berjalan atas dasar logika dan algoritma.
Pengertian Notepad
Notepad adalah Sebuah aplikasi text editor simple yang sudah ada sejak Windows 1.0 di tahun 1985 yang ada di setiap system windows baik xp, vista, seven, dsb tentu kode ini sangat penting dan justru paling sering digunakan oleh para user. Biasanya notepad ini digunakan untuk membuat lisensi seperti halnya: membuat file CSS, Javascript untuk membuat web, mengetik HTML, membuat blog, bahkan membuat virus, dll.
Keuntungan menggunakan aplikasi Notepad ini adalah kecepatan dan kemudahan dalam pengoperasian nya, sementara Kelemahan Notepad terletak pada tampilannya yang kurang menarik.

Cara mengoperasikan Notepad, sebagai berikut:
1
.       Klik Taskbar pada tampilan Desktop Anda.
2.       Pilih All Program.
3.       Pilih Accessories, lalu pilih Notepad.
4.       Setelah tampilan Notepad terbuka, Anda dapat menulis kode/script yang hendak ditulis.
  

Fasilitas pada Notepad, yaitu:
Ø
      File, salah satu fasilitas yang berfungsi untuk membuka lembar catatan baru (new), untuk menyimpan lembar catatan (save / save as), untuk mengatur halaman jika ingin di print (page setup), untuk mencetak catatan (print), dan keluar halaman (exit).
Ø   Edit, salah satu fasilitas yang berfungsi untuk kembali ke tampilan sebelumnya (undo), untuk meletakkan salinan kata/kalimat (paste), untuk menyalin (copy), untuk memotong kata/kalimat (cut), untuk mencari kata/kalimat (find), untuk meletakkan tanggal atau waktu (F5), dll.
Ø   Format, salah satu fasilitas yang berfungsi untuk mengatur tampilan teks baik dari segi gaya tulisan maupun warna (font), dan menggeser layar ke arah kanan atau kiri ketika teks terlihat panjang (word wrap).
Ø    View, salah satu fungsi untuk melihat status yang sedang aktif pada layar Notepad sisi kanan bawah (status bar).
Ø     Help, salah satu fungsi untuk membantu user ketika mengalami kesulitan dalam menggunakan Notepad (view help), dan untuk melihat versi yang digunakan pada komputer Anda (about notepad).


 Fungsi Notepad, antaralain:
a
.   Notepad sebagai Digital Diary, Anda dapat memasukkan tanggal dan informasi waktu dalam setiap baris secara otomatis dengan menekan F5.
b.    Notepad sebagai HTML Stripper, Anda dapat mengedit komponen teksnya saja hanya menyalin dari kode HTML yang ada di halaman web dan disalin di Notepad kemudian dapat Anda simpan untuk digunakan lagi di lain waktu.
c.   Notepad sebagai Pembuat Scrip baik maupun jahat, Notepad merupakan teks editor yang sederhana sehingga mempermudah dalam membuat script yang sederhana, Anda pun juga bisa membuat script yang jahat misalnya: script memformat harddisk, membuat virus, dll.
d.   Notepad sebagai Jalan pintas Windows Explorer, Terkadang ada beberapa file yang tidak dapat dihapus. Anda dapat mencoba menggunakan Notepad sebagai pengganti Windows Explorer, caranya: File – Open - Pada type file pilih All, lalu Anda pun tinggal mencari data yang ingin dihapus.
e.      Notepad sebagai Media membuat atau mengedit file yang berexstension bat (untuk windows keluaran tahun 2000 ke atas), bat atau cmd adalah aplikasi dibawah DOS, yang biasa digunakan bermacam-macam fungsi tergantung command (perintah) yang diketik di Notepad. Misalnya: Shutdown.
 f.    Notepad sebagai Pembuat file berextension inf, inf adalah file yang digunakan untuk install driver hardware. Sekarang bisa beralih menjadi multifungsi untuk membuat virus atau antivirus tergantung isinya. Misalnya: autorun.inf (dahulu digunakan untuk menjalankan aplikasi pada CD, sekarang beralih fungsi untuk menjalankan virus pada flashdisk).
g.    Notepad sebagai Pembuat file berextension reg, reg adalah file yang dimasukkan untuk settingan Windows melalui registry windows (regedit.exe).

Versi terbaru dari aplikasi Notepad adalah Notepad ++
Sebuah penyunting teks dan penyunting kode sumber yang berjalan di sistem operasi windows dan menggunakan komponen scintilla untuk dapat menampilkan dan menyunting teks dan berkas kode sumber berbagai bahasa pemrograman, Dirilis pertama kali pada 24 November 2003.
SUMBER:
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar :