Tujuh Fitur Keren Smartphone yang Antimainstream

Tujuh Fitur Keren Smartphone yang Antimainstream
CALIFORNIA – Dalam beberapa tahun terakhir, produsen smartphone telah melengkapi lini produk mereka dengan berbagai fitur yang diklaim unik. Fitur tersebut disematkan tak lain dengan tujuan untuk memancing keinginan orang untuk membeli smartphone tersebut.
Meskipun pada akhirnya fitu-fitur unik tersebut saling ‘dipinjam’, akhirnya banyak terdapat di berbagai smartphone namun tak mengurangi keunikan dari berbagai fitur itu. Berikut ini Okezone berikan tujuh fitur paling keren dan anti-mainstream dalam sebuah smartphone.

Speaker Stereo di Depan
Banyaknya produsen smartphone yang berlomba-lomba membuat smartphone dengan layar lebar atau dikenal dengan phablet, namun sedikit produsen yang meletakkan speaker stereo mereka di bagian depan.
Speaker stereo pada handset yang selama ini kebanyakkan ditaruh di belakang ternyata merupakan sebenarnya salah. Speaker stero semestinya ditaruh di bagian depan dan berlawanan dengan layar, seperti HTC One M8, HTC One mini 2, Sony Xperia Z2.
Fitur Antiair dan Antidebu
Masih sedikit smartphone yang menyematkan fitur antiair dan antidebu pada perangkatnya. Sebut saja Sony yang dikenal rajin memberikan fitur tersebut untuk perangkat unggulannya, di antaranya Xperia Z3, Xperia Zr, dan Xperia M2 Aqua, disusul Samsung yang memberikannya untuk Galaxy S5.
Jika dipikir, fungsi antiair dan antidebu sangat penting untuk mengantisipasi jika terjadi kecelakaan pada smartphone. Jadi diharapkan ke depannya lebih banyak seri unggulan smartphone yang memiliki fitur waterproof dan waterdust.
Layar Multi Tasking
Smartphone Android unggulan yang diproduksi perusahaan besar seperti Samsung dan LG biasanya didukung oleh fungsi layar multi tasking sehingga dapat digunakan untuk membuka banyak aplikasi dalam satu waktu. Sebagai contoh, tampilan antarmuka Samsung, TouchWiz dapat menampilkan lima aplikasi di masing-masing jendela pada layar.

S-Pen
Banyak perusahaan yang menamai smartphone dengan ukuran layar di atas 5 inci milik mereka dengan embel-embel ‘Note’ di belakang. Meski demikian, jarang dari smartphone tersebut yang benar-benar menyertakan stylus pen dapat digunakan untuk menulis, membuat catatan, atau menggambar langsung pada layar handset.
Salah satu perusahaan yang konsisten memberikan Stylus Pen alias S-en pada phablet Galaxy Note miliknya. Stylus tersebut bukan hanya pelengkap, tetapi juga dapat digunakan untuk mengembangkan banyak fungsi dan memperluas pengalaman pengguna saat menggunakan phablet –nya.
Tombol Mute Fisik
Apple memiliki sebuah tombol fisik yang terletak di bagian sisi handset dekat tombol volume dan dapat digunakan untuk mematikan suara atau mode mute. Tombol tersebut memungkinkan pengguna iPhone untuk mematikan nada dering tanpa harus mengangkat smartphone.
Fitur ini dinilai cukup menarik karena menjadi sentuhan cukup bagus untuk mempermudah pengguna dalam mematikan volume suara atau menyetting mode mute tanpa perlu repot.
Dual Flash LED
Lampu flash berguna untuk mengambil foto dalam keadaan gelap atau kurang pencahayaan. Dengan adanya teknologi dua buah lampu LED tentunya pengguna akan lebih dapat mengambil gambar dengan natural.
Meski demikian, masih sedikit smartphone yang menyertakan fitur dual flash LED. Menurut catatan, hanya iPhone dan sebagian kecil smartphone Android yang memiliki fitur tersebut.
Sensor Sidik Jari
Fitur sensor sidik jari mungkin ramai diperbincangkan belakangan ini karena beberapa smartphone unggulan telah meyematkan fitur tersebut. iPhone 5s, iPhone 6, dan 6 Plus, Meizu mx4 Pro, Huawei Mate 7, dan yang paling baru Samsung Galaxy S6 telah memiliki fitur unik ini.
Diperkirakan pada 2016 sensor sidik jari akan menjadi pemandangan umum untuk smartphone unggulan. Jadi bisa dikatakan dalam waktu dekat, fitur sensor sidik jari tidak akan masuk hitungan fitur ‘anti-mainstream’ lagi.



SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar